Hati-Hati! Ini Cara Membedakan Air Zam-Zam Asli dan Palsu

Permintaan Air Zam-Zam yang terus meningkat di Tanah Air membuat sebagian pedagang nakal mengoplos Air Zam-Zam yang dijualnya. Alih-alih agar tak repot membawanya, beberapa jamaah haji dan umrah Tanah Air justru tertipu dengan Air Zam-Zam oplosan. Bagi Anda yang berniat membeli Air Zam-Zam di Tanah Air, ada baiknya Anda menyimak bagaimana cara membedakan antara Air Zam-Zam asli dengan yang palsu.

Ditemui di kios oleh-oleh haji dan umrah miliknya, yang bertempat di Kawasan Planet Haji Umrah Thamrin City Lantai 3A, Aiman Hamzah, menuturkan ada beberapa cara mengenali Air Zam-Zam yang asli dan palsu. Salah satunya dengan melihat bagian tutup pada botol ukuran 5 liter tersebut.

“Cara pertama yang bisa kita kenali yaitu dengan melihat bagian tutupnya. Kalo yang asli, dibagian tutupnya ada tulisan Zam-Zam tapi kalo yang oplos biasanya bagian tutupnya polos ngga ada mereknya” terangnya.

Cara lainnya, kata dia, dengan melihat segel plastik yang membungkus botol tersebut. Jika kemasan plastik yang membungkus botol telah sobek atau rusak bisa dipastikan Air Zam-Zam tersebut sudah dioplos dengan air mineral. Aiman menjelaskan segel plastik dengan logo Zam-Zam tersebut hanya boleh dibuka jika sudah ada pembeli yang membelinya.

“Segel ini ngga boleh rusak atau robek. Karena kita baru boleh membuka segel ini langsung di depan pembeli. Ini juga bisa jadi salah satu cara membedakan mana Zam-Zam asli dan palsu,” tambahnya.

Diakui Mahesa Djenar, Ketua Induk Koperasi Pemuda Pedagang Kurma dan Oleh-Oleh Haji Indonesia (INKOPKOHI), sejauh ini pihaknya tidak pernah memasok produk Zam-Zam yang palsu. Ia menjamin pasokan Air Zam-Zam yang dijual pedagang oleh-oleh haji dan umrah  di Thamrin City Lantai 3A ini adalah produk Zam-Zam Asli.

“Kita sangat selektif dalam menyeleksi produk yang masuk dan memastikan kualitas serta keasliannya. Jadi saya berani menjamin kalo pasokan Air Zam-Zam yang dijual di Thamrin City Lantai 3A ini merupakan produk asli yang langsung di impor dari Saudi,” pungkasnya saat di temui di tempat terpisah.

Penulis: Marlia