Ternyata Biji Kurma Bisa Dimakan dan Bermanfaat

Kurma merupakan buah khas Arab, dapat bertahan dalam suhu panas dan berpasir seperti di gurun. Jenis kurma bermacam-macam. rasa kurma manis, teksturnya kurma matang legit, lumat dan lembut. Mengkonsumsi buah kurma sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karenanya, kurma banyak dikonsumsi bukan hanya bulan Ramadhan saja namun hampir setiap hari.

Mengkonsumsi kurma diyakini bisa menghibdari dari penyakit kanker karena antioksidan yang tinggi dari kurma. Buah kurma juga bisa dijadikan sebagai sumber energi karena kalori yang tinggi terkandung di dalmnya. Manfaat lainnya seperti menghaluskan kulit, menambah darah, mencegah kolesterol serta baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.

Saat memakan kurma, pastilah kita membuang bijinya. Siapa sangka, biji kurma ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Di kawasan Planet Haji Umrah Thamrin City 3A, salah satu pengunjung yang sedang membeli kurma, Ida mengatakan, biji kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

“Memang jarang yang tahu kalau biji kurma ini bermanfaat. Biasanya kalau makan kurma ya bijinya dikumpulin tapi dikumpulin di tempat sampah”, ujar Ida tertawa.

Menurut Ida, biji kurma bisa digunakan sebagai pengganti kopi. Biji kurma bisa dijadikan bubuk seperti halnya biji kopi. Maka, biji kurma bisa menyegarkan badan dan tidak mengantuk. Untuk memasak, biji kurma bisa digunakan untuk melembutkan daging saat merebusnya. Kandungan dalam biji kurma bisa menguatkan tulang dan gigi , sehingga mampu mencegah penyakit osteoporosis, menghangatkan badan, menyembuhkan sakit kepala, menghilangkan letih dan lesu, mengendorkan syaraf tegang, memberikan perasaan tenang dan melancarkan persedaran darah.

“Untuk kecantikan tubuh juga bisa. Biji kurma bisa untuk luluran terus untuk laki-laki bisa untuk mencegah kebotakan”, tambah Ida.

Cara mengolah biji kurma ini memang memerlukan beberapa tahapan. Namun, jika kita ingin hidup lebih sehat, tahapan ini bukan menjadi masalah. Proses yang perlu dilewati biji kurma untuk bisa dikonsumsi adalah pencucian dengan tidak menggunakan sabun dan sejenisnya, penjemuran di bawah sinar matahari namun terhindar dari debu serta gangguan binatang kecil lainnya, penggorengan degan wajan tanpa minyak atau sangrai dan terakhir penghalusan dengan cara ditumbuk atau dengan cara praktis yaitu menggunakan blender. Biji kurma yang sudah kering dan halus bisa disimpan sebagai stok dan digunakan saat memerlukan.

 

Penulis: Puput