Ini 8 Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil Kurma (dalam bahasa latin Phoenix dactylifera) merupakan salah satu buah yang dianjurkan bagi konsumsi ibu hamil karena mengandung banyak manfaat bagi proses kehamilan.

Berikut beberapa manfaat buah kurma bagi ibu hamil yang dapat kami rangkum :

Asupan nutrisi bagi janin

anfaat kurma untuk ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi dibandingkan dengan orang biasa ini karena ibu menanggung beban janin pula. Kandungan vitamin dan mineral dalam kurma dapat memberikan tambahan nutrisi bagi ibu hamil dan sekaligus memberikan tambahan asupan nutrisi bagi janin yang dikandungnya. Disarankan bagi ibu hamil agar rajin mengkonsumsi kurma karena besarnya manfaat yang diberikan.

Mengecilkan rahim

Kurma mengandung hormon potuchsin yang berkhasiat dalam mengecilkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga memakan kurma dapat membantu mengecilkan rahim usai persalinan dan juga dapat mencegah perdarahan pada rahim.

Melancarkan produksi ASI

Kurma mengandung zat besi dan kalsium yang akan sangat berguna dalam pembentukan ASI yang baik. Oleh karena itu bagi ibu yang sedang menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma supaya produksi ASI nya lancar.

Mengembalikan tenaga setelah proses persalinan

Manfaat kurma untuk ibu hamil kurma sangat bermanfaat untuk dikonsumsi usai proses persalinan. Kurma dapat mengembalikan tenaga ibu dalam waktu singkat. Dalam 1 butir kurma terdapat protein 1,8-2%, glukosa 50-57%, serat 2-4%. Kurma juga mengandung glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.

Melancarkan BAB

Dalam kurma terkandung vitamin A, riboflavin, tiamin, niasin, kalium dan serat yang dapat membantu melancarkan BAB. Hal ini akan bermanfaat dalam proses pasca persalinan, dimana sang ibu disarankan tidak mengedan saat BAB supaya jahitannya tidak robek

Mencegah anemia pada janin

Adanya kandungan senyawa gula pada kurma akan membantu pencegahan anemia pada janin. Anemia umumnya disebabkan karena kurangnya zat gula dalam darah. Oleh karena itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kurma.

Memperkuat pertumbuhan tulang

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin lainnya adalah dapat membantu menguatkan pertumbuhan tulang. Bahkan cukup baik juga untuk terus melanjutkan konsumsi buah kurma yang telah dihaluskan kepada bayi untuk dikonsumsi.

Merangsang syaraf janin

 

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil lain adalah membantu merangsang syaraf pada janin. Ini berasal dari kandungan Kalium pada kurma yang berguna untuk merangsang syaraf. Dengan demikian diharapkan ketika kelak janin itu lahir, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi orang yang tanggap dan cerdas. Hal ini sangatlah penting untuk menghasilkan generasi masa depan yang unggul dan ternyata hal tersebut dapat diperoleh  dengan mengkonsumsi buah kurma. Ini merupakan bagian dari manfaat besar kurma untuk ibu hamil.

Sumber: Pohon Kurma