Hamil Sehat untuk Ibu dan Janin dengan Rajin Konsumsi Kurma

Kurma diketahui merupakan buah yang sangat kaya akan nutrisi, sehingga tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai ‘super fruit’ atau buah super. Kandungan nutrisinya yang kaya ini membuat buah yang memiliki nama latin phoenix dactylifera ini sangat baik dikonsumsi oleh siapapun yang ingin menjaga kesehatan. Selain itu, kurma juga mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum adalah membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta berperan dalam tekanan darah.

 

Untuk ibu hamil, kurma sangat baik dikonsumsi karena selain bermanfaat bagi sang ibu, kurma juga memberikan manfaat untuk janin. Selain itu, kurma diketahui mengandung semacam hormon yang disebut potuchsinPotuchsin diketahui dapat menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dengan begitu dapat mencegah terjadinya pendarahan rahim.

Lebih lanjut,  inilah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil dan janinnya:

1.       Menambah energi. Kandungan glukosa yang cukup tinggi di dalam kurma inilah yang bisa menjadi energi untuk tubuh yang sedang membutuhkan. Kurma dapat meningkatkan dan menambah energi dalam tubuh terutama untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan nutrisi pada kurma sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

2.       Kandungan kalium yang ada di dalam kurma mampu menigkatkan rangsang pada saraf. Dengan banyak mengkonsumsi kurma, kita bisa mempertajam daya ingat dan meningkatkan kecerdasan otak. Maka, kurma sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil agar janin di dalamnya kelak bisa menjadi cerdas.

3.       Menguatkan tulang. Hal ini terjadi berkat kandungan kalisum kurma, sehingga bukan hanya ibu hamil saja yang baik mengkonsumsi kurma untuk janinnya, namun juga ibu menyusui yang memberikan asupan lewat air susunya kepada sang bayi.

4.       Membantu pembentukan gigi. Kalsium yang banyak terdapat dalam kurma akan membantu proses pembentukan gigi kelak pada bayi yang sudah lahir. Maka, untuk membuat bayi cukup gizi dan perkembangan gigi yang baik, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma.

5.       Mengatasi anemia. Anemia merupakan masalah yang sering dialami banyak ibu hamil. Kandungan gula dalam kurma tidak hanya dapat menambah energi, tetapi juga dapat mengatasi anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat disebabkan banyak hal, menambahkan asupan gula pada makanan diyakini dapat mengatasi masalah anemia ini.

6.       Menjaga pencernaan. Soal masalah di pencernaan ini seringkali melanda ibu hamil. Mengkonsumsi kurma yang memang kaya akan serat, dapat membantu para ibu hamil mengatasi masalah ini.

Mengkonsumsi kurma saat hamil bisa dengan berbagai cara. Kita bisa memakannya langsung sebagai camilan, atau mencampurnya dengan makanan seperti oat, atau bisa juga mencampurnya dengan minuman seperti membuat jus kurma dengan susu. Yang jelas, semakin rajin seorang ibu hamil mengkonsumsi kurma, semakin baik hasilnya bagi ibu dan janinnya. 

Penulis: Puput/Teguh