Doa-doa yang Diucapkan Saat Melaksanakan Umrah

Dalam melaksanakan ibadah Umrah, ada banyak persiapan yang dilakukan. Salah satunya adalah persiapan iman dan taqwa. Sebelum melakukan Umrah, biasanya kita juga melakukan manasik, agar kita memahami betul seperti apa perjalanan ibadah yang akan kita lalui. Salah satu yang menjadi poin penting dari manasik ini adalah doa saat Umrah. Ada banyak doa yang harus dilafazkan saat melaksanakan rangkaian ibadah Umrah.

Saat manasik atau saat mendaftar Umrah, biasanya kita akan mendapatkan sebuah buku doa dari travel atau agen perjalanan yang kita ikuti. Di dalam buku tersebut, ada banyak kumpulan doa yang akan kita baca selama melaksanakan perjalanan Umrah. semua itu bagus jika dihapalkan, namun jika sulit, kita tidak dilarang untuk membawa buku doa sebagai panduannya.

Kumpulan doa tersebut diantaranya:

1. Doa safar atau bepergian yang meliputi: doa keluar rumah, doa sewaktu berkendara, doa ketika sampai di tempat tujuan, niat Umrah, doa talbiyh shalawat, doa saat memasuki kota madinah, doa masuk masjidil haram, doa melihat ka’bah, doa melintasi makam Ibrahim dan lain-lain.

2. Doa tawaf yang meliputi: doa tawaf putara 1-7, doa sesudah tawaf, doa sesudah shalat sunnah di maqam Ibrahim, doa meminum air zam-zam, doa sesudah shalat sunah mutlaq di hijir Ismail.

3. Doa Sai yang meliputi: doa ketika hendak mendaki bukit Safa sebelum memulai Sai, doa Sai sebelum melakukan perjalanan ke 1 sampai 7, doa di bukit Marwah setelah selesai Sai. 

4. Doa Ziarah di Madinah yang meliputi: doa masuk masjid Nabawi, doa salam ketika berada di maqam Rsulullah SAW, doa salam kepada Abu Bakr Asshidiq, doa salam kepada Umar bin Khatab, doa ketika berada di raudhah, doa salam ketika berada di baqi, doa salam kepada Utsman bin Affan, doa kepada Hamzah, doa kepada para syuhada Uhud, doa meninggalkan Madinah, dan masih banyak lagi.

Sebagian doa=doa tersebut tidak perlu kita hapal, cukup kita baca saja dari buku. Membaca buku doa saat beribadah diperbolehkan. Ada juga beberapa doa Umrah yang cukup ringkas dan bisa kita hapal. Doa-doa tersebut diantaranya:

1. Doa niat Umrah

2. Doa atau bacaan talbiyah sebagaimana bacaan ketika Haji

3. Doa ketika meminum air zam zam

 

 

 

Penulis: Dikumpulkan dari berbegai sumber