Manfaat Minyak Zaitun dalam Islam

Buah zaitun merupakan salah satu buah yang banyak disebut dalam Al Qur’an. Tentu ada yang ingin disampaikan Allah SWT dari banyaknya penyebutan zaitun dalam Al Qur’an. Salah satunya adalah keajaiban dan manfaat yang bisa didapatkan dari minyak yang dihasilkan dari tanaman zaitun ini. Minyak zaitun bukan hanya memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi juga dianggap sebagai bagian dari pohon yang diberkahi Allah SWT.

Itu juga sebabnya, Rasulullah SAW diriwayatkan suka mengkonsumsi dan menggunakan minyak zaitun.  Dalam sebuah hadits disebutkan:

“Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah pohon yang diberkahi”, (H. R. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dalam hadits lainnya,

“Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya, karena sesungguhnya ia adalah pohon yang diberkahi”, (H. R. Baihaqi dan Ibnu Majah)

Negara-negara Timur Tengah telah menjadikan minyak zaitun sebagai minyak nabati yang digunakan sehari-hari. Minyak zaitun inilah yang menjadikan masakan di sana memiliki rasa yang khas. Karena banyaknya pendapat terkait minyak zaitun ini, banyak yang melakukan penelitian minyak zaitun ini. Hasil yang didapatkan rata-rata adalah zaitun bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Setiap perintah yang diberikan Allah SWT kepada hambaNya tentunya memiliki maksud yang baik. Minyak zaitun ini misalnya, kenapa menjadi buah yang sering disebutkan di dalam Al Qur’an, karena banyak kebaikan yang bisa diambil darinya. Minyak zaitun mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit seperti jantung koroner, kolesterol, darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit lainnya. Minyak zaitun baik dikonsumsi siapa saja, termasuk anak-anak. Bahkan, kini minyak zaitun disarankan diberikan sebagai tambahan dalam makanan pendamping ASI.

Yang perlu dicatat adalah, kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang cukup tinggi. Meski begitu, minyak zaitun sendiri tetap tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia. Sekalipun lemak yang terkandung dalam zaitun menyehatkan, kita tetap harus membatasi dan mengontrol asupan lemak untuk tubuh anda. Pasalnya, kadar kalori per 100 gram-nya adalah 8,85 kilokalori. Menggunakan zaitun secara baik dan benar akanmembantu kita bisa merasakan berjuta manfaat minyak zaitun.

 

*Dikumpulkan dari berbagai sumber

Penulis: Puput/Teguh