Serba Serbi Kain Ihram, Kain Putih Tanpa Jahitan untuk Haji dan Umrah

Sejarah pakaian ihram dimulai sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Menghormati tradisi ini, pakaian ihram menjadi sebuah syarat saat melaksanakan ibadah haji atau Umrah. Kain ihram disunahkan untuk warna putih, untuk pria adalah dua helai kain, tidak terdapat jahitan dan tidak pula dijalin.  Bagi kaum perempuan, pakaian ihram diharuskan menutup semua anggota badannya kecuali muka dan telapak tangan yang  terbuka, seperti dalam shalat. Namun selain itu, memakai pakaian ihram dengan benar, bersih dan suci dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT. Mengapa demikian?

Secara spiritual, pemahaman kain ihram yang benar akan menghindarkan kita dari penyakit hati, karena beberapa keistimewaannya. Satu, pakaian ihram yang seragam dan berwarna putih seolah menegaskan bahwa manusia yang sedang berada di tanah suci semua telah meninggalkan keduniawian mereka. Dua, keseragaman ini membuat siapa saja yang hadir di tanah suci menjadi sederajat, sama. Tiga, pakaian ihram yang tanpa jahitan dan berwarna putih mengingatkan kita pada kematian, pada kain kafan yang akan digunakan sebagai satu-satunya pakaian kita kelak. Empat, kain ihram menjauhkan kita dari kesombongan karena pakaian kita semua sama, kain tanpa jahitan berwarna putih. Lima, dengan pakaian ihram, hati akan diajarkan untuk merasa diri sama dengan yang lain, dan merasa hina dihadapan Allah SWT.

Kain ihram biasanya menggunakan bahan handuk atau bahan katun yang menyerap keringat. Kini, banyak orang yang lebih senang menggunakan kain ihram dengan bahan handuk karena alasan menghangatkan saat musim dingin dan membuat sejuk saat musim panas. Ukuran kain ihram sama semua untuk pria dewasa, dan kini, seiring dengan semakin trend nya anak-anak ikut umrah, ada pula ukuran untuk anak-anak.

Salah satu tempat untuk membeli kain ihram adalah di Planet Haji Umrah Thamrin City 3A. Toko-toko yang menjual aneka macam oleh-oleh Haji dan berbagai keperluan haji/umrah lainnya, pun menjual aneka macam perlengkapan Haji dan umrah, termasuk kain ihram.  Jadi, sungguh tepat jika Anda berbelanja kain ihram di PHU, karena dengan begitu, “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”...

Penulis: Puput/Teguh