Bagaimana Pakaian Ihram yang Baik untuk Wanita?

Dari berbagai keperluan umrah yang perlu disiapkan, pakaian ihram adalah hal pokok yang tak dapat diabaikan. Kerap muncul pertanyaan: Seperti apakan pakaian ihram yang baik untuk wanita? Apakah ada ketentuan-ketentuan tertentu yang harus diperhatikan?

Ternyata, bagi perempuan, tidak ada ketentuan khusus seperti apa pakaian ihram yang harus dikenakan. Hal yang terpenting bagi perempuan adalah menutup aurat namun saat yang sama, justru tidak diperkenankan memakai penutup wajah dan penutup telapak tangan. Maka disini, beberapa hal perlu diperhatikan dalam masalah aurat wanita terkait bentuk pakaiannya. Memakai rok atau gamis lebih disarankan dibanding memakai celana. Pakaian yang tidak transparan serta tidak ketat, seyogyanya menjadi pilihan saat berihram.

Terkait warna pakaian ihram wanita, pun tidak ada ketentuan khusus di dalamnya. Bagaimana dengan warna putih? Warna putih sebenarnya hanya disunahkan bagi laki-laki. Sementara bagi wanita, dianjurkan untuk memilih warna-warna yang memberi kesan sederhana. Maka, banyak yang memilih warna putih sebagai pakaian ihram, disamping menyamakan dengan pakaian ihram laki-laki.

Sederhana juga ada yang mengartikan agar pakaian ihram wanita tidak banyak hiasan atasnya, termasuk gambar dan bordir. Warna-warna lain yang dinilai sederhana diantaranya adalah warna-warna gelap seperti biru tua, hitam, hijau dan merah tua. Model potongan yang digunakan juga dianjurkan yang tidak rumit, cenderung lebar namun tidak berlebihan dan dapat menutup aurat dengan baik.

Selain pakaian ihram yang dikenakan, jangan lupa untuk menutup kaki karena kaki termasuk ke dalam aurat. Menutup kaki tentu saja tidak bisa hanya dengan pakaian ihram yang dikenakan, sehingga kaos kaki menjadi salah satu bagian dari pakaian ihram. Untuk cadar atau masker, pakailah jika memang diperlukan.

Nah, sekiranya hal-hal di atas telah Anda penuhi, itu artinya sekarang Anda sudah siap untuk menjalankan umrah! Untuk memenuhinya, kemana lagi jika bukan ke Planet Haji Umrah Thamrin City lantai 3A? Datanglah dan dapatkan aneka busana ihram wanita yang dapat memenuhi kriteria di atas.

Penulis: Puput/Teguh