Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalankan Ibadah Umrah

Setiap muslim pasti akan bergembira jika mendapatkan kesempatan untuk melakukan ibadah Umrah. Umrah merupakan ibadah yang sering disebut dengan Haji kecil. Rangkaian ibadah Umrah memang mirip dengan Haji hanya saja ada beberapa rangkaian ibadah Haji yang tidak dilakukan saat Umrah. 

Sebagai ibadah dengan pahala yang besar dan dilakukan di tempat yang sangat jauh, persiapan sebelumnya banyak sekali. Ada banyak hal-hal teknis yang harus diperhatikan agar perjalanan ibadah Umrah kita lancar, yaitu:

1. Mempelajari hal-hal yang terkait Umrah, seperti mempelajari tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi saat melaksanakan ibadah Umrah misalnya Mekah, madinah dan lain-lain. Mempelajari tentang rukun dan syarat umrah, mempersiapkan segala macam persiapan yang diperlukan. 

2. Teman Berangkat Umrah, dengan siapa kita akan melakukan perjalanan Umrah. Biasanya, perjalanan Umrah dilakukan bersama dengan tim dari biro perjalanan atau teman-teman satu pengajian, selain tentu saja Umrah dilakukan bersama teman satu mahrom.

3. Memahami ihram, maksudnya sebelum berangkat Umrah kita sudah selayaknya mengetahui tentang ihram. Misalnya dilarang menggunakan wewangian selama ihram termasuk sabun untuik mandi dan lain-lain, serta tidak boleh menutup kepala saat ihram meskipun dalam kondisi yang sangat terik sekalipun. Maka, bekalilah diri dengan banyak ilmu seputar ihram yang bisa didapatkan baik saat manasik maupun di internet atau buku-buku seputar Haji dan Umrah.

4. Kebersihan yang akan berpengaruh pada kesehatan. Salah satunya adalah mengenai pisau cukur.

5. Mempersiapkan krim pelembab seperti vaseline atau krim-krim lainnya saat ihram, khususnya untuk pria karena dalam kondisi ini, kaki akan terasa panas dan larangan untuk menggunakan apapun yang mengandung wewangian akan menyulitkan. Sehingga, vaseline sangat diperlukan.

6. Mengunjungi Raudhah, waktu terbaik mengunjungi raudhah adalah saat malam hari. 

7. Mengunjungi situ-situs sejarah Islam di Madinah seperti lokasi perang Uhud dan masjid Quba. 

8. Berdoa 

Itulah hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan Umrah agar ibadah Umrah bisa dilalui denga khusyu dan lancar. 

Penulis: Puput