Membawa Anak Saat Umrah, Mengapa Tidak?

Ibadah ‘umrah kini tak hanya bermakna mengejar kepuasan pribadi saja. Kerinduan spiritual pada tanah haram, mulai digandrungi bersama dengan keluarga. Alasannya, perjalanan umrah semakin terasa lebih menyenangkan, disamping keinginan menyemai nilai-nilai ruhani pada anggota keluarga. Itu barangkali, yang membuat banyak orang tua yang mengajak serta keluarganya termasuk anak-anaknya yang masih kecil menunaikan ibadah umrah. Jika memang rizki dan kesempatan memungkinkan, mengapa tidak?

 

Nah, jika Anda ingin membawa si kecil pergi melakukan umrah, sebaiknya memperhatikan hal-hal yang dijabarkan dibawah ini.

Pertama, Perhatikan tujuan umrah bersama si kecil. Banyak keluarga yang mengajak serta si kecil umrah dengan alasan tidak ingin meninggalkan anak sendirian. Selain alasan tersebut, tujuan dan niat yang benar haruslah ditanamkan sejak sebelum berangkat. Pertimbangkanlah tujuan seperti mengenalkan anak dengan situs-situs sejarah Islam secara langsung. Tujuan dan niat yang sudah dibentuk sejak awal ini akan membuat perjalanan lebih terarah.

Kedua, Perhatikan betul syarat-syarat formal, dan perlengkapan si kecil. Persyaratan formal umumnya akan diingatkan oleh pihak biro perjalanan Anda. Namun, perlengkapan untuk si kecil seperti obat-obatan dan vitamin, mainan serta makanan kesukaan, juga harus diperhatikan agar perjalanan tetap menyenangkan bagi si kecil.

Ketiga, Mengetahui Musim saat berangkat umrah. Sebaiknya, kita mengetahui musim apa yang sedang  berlangsung di tanah suci saat akan berangkat umrah. Hal ini terkait dengan keperluan yang akan kita bawa. Salah satunya seperti pakaian dan kebutuhan obat-obatan serta vitamin. Terlebih jika kita mengajak si kecil. Jangan sampai, persiapan menghadapi musim yang sedang terjadi di Tanah Suci yang kurang lengkap, sehingga dapat mengakibatkan si kecil sakit.

Keempat,Jika membawa bayi, perhatikan makanannya.

Kelima, Ingat-ingat selalu keberadaan anak agar dekat dengan kita saat berada di tempat ramai. Pastikan anak selalu bersama atau dekat dengan kita saat berada di keramaian. Hal ini menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan.

Begitulah, tips yang sebaiknya diperhatikan saat membawa si kecil umrah. Pastikan semua kebutuhan si kecil kita penuhi. Buatlan daftar jika itu diperlukan, untuk menghindari ada barang yang terlupa untuk dibawa. Buatlah si kecil nyaman dengan perjalanan dan selama berada di sana. Jika si kecil nyaman, ibadah umrah bisa dijalankan dengan khusyu. 

Penulis: Puput/Teguh