Aneka Batik Khas Cirebon di Planet Haji Umrah

Batik merupakan kekayaan budaya lokal, sekaligus menjadi ciri yang dimiliki suatu daerah. Maka di Indonesia, kita mengenal sebutan batik berdasarkan daerahnya, dari yang begitu melegenda seperti batik Solo, batik Pekalongan, batik Yogyakarta, batik Cirebon hingga identitas yang tergolong ‘baru’ di pentas nasional, semisal batik Lasem, hingga batik Betawi.

Berbicara tentang batik Cirebon, inilah batik tertua yang menjadi cikal bakal sentra batik lainnya di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Indramayu dan Garut. Motif batik Cirebon yang paling terkenal adalah motif batik Megamendung. Motif  yang melambangkan awan pembawa hujan sebagai pertanda kesuburan dan pemberi kehidupan ini, diyakini memiliki akar sejarah hingga masa kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yang ditandai momen bersejarah menikahnya Sunan Gunung Jati dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. 

Jika penasaran dengan keeksotikan batik Cirebon, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Cirebon. Di Jakarta, tepatnya di Planet Haji Umrah Thamrin City 3A, ada toko yang khusus menjual aneka macam batik Cirebon. Cari saja toko “Nurul Batik”, yang terletak di Blok H27 no. 03.

Menurut ibu Yati, pegawai toko “Nurul Batik”, batik yang dijual disini semuanya asli buatan para pengrajin batik di Cirebon. Motof yang tersedia cukup mewakili motif utama batik Cirebon yang dikenal para pecinta batik: Wadasan, Megamendung, Byur dan Semarangan. 

"Motifnya memang banyak ya, tapi paling laris motif megamendung ini" papar bu Yati. 

Tak heran jika motif paling banyak diminati adalah megamendung. Motif ini memiliki sejarah unik karena berasal dari keraton, dan terkait dengan sejarah Sunan Gunung Jati. Motifnya sangat khas dan mudah dikenali. 

Tetapi “Nurul Batik” tak hanya menyediakan kain batik Cirebon, namun juga kemeja batik dan dress batik. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. 

"Kain batik ini harganya terjangkau, kualitasnya terjamin dan macamnya banyak", tambah bu Yati..

Makin penasaran dengan batik Cirebon di “Nurul Batik” di blok H27 no. 03 Planet Haji Umrah Thamri City lantai 3A? Yuk, datang langsung dan buktikan.

Penulis: Puput/Teguh