10 Jenis Oleh Oleh Haji yang Harus Dibeli

Haji adalah mengunjungi Baitullah (Ka'bah) di Mekah untuk melakukan amal ibadah tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula. Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam. yakni pada rukun yang kelima yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan yang mampu dan telah memenuhi syarat untuk melaksanakannya. Orang yang melakukan ibadah haji wajib memenuhi ketentuan-ketentuannya. syarat haji, rukun haji, wajib haji, larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji.

Menunaikan ibadah haji diwajibkan atas setiap muslim yang mampu mengerjakannya dan seumur hidup sekali. Bagi mereka yang mengerjakan haji lebih dari satu, hukumnya sunah. Allah SWT. berfirman dalam Surah Ali Imran Ayat 97 yaitu: Artinya: ....Dan (diantara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh Alam. (Q.S. Ali Imran/3:97).

MACAM – MACAM HAJI

Haji Tamattu yang berarti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu dibulan-bulan haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, di tahun yang sama. Tamattu’ dapat juga berarti melaksanakan ibadah didalan bulan-bulan serta didalam tahun yang sama , tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.

Haji Ifrad yang berarti menyendiri, bila seseorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah, dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian uhram di Miqat nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibdah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.

Haji Qiran yang berarti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak Miqat Makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama, menurut abu hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa’i.

Lalu bagaimana bila seseorang mendapatkan haji Mabrur.

1. Apabila seseorang berangkat semata-mata karena Allah Swt

2. Apabila seseorang berangkat bukan karena ada kepentingan dan tidak hasil dari hutang atau tidak menjual harta bendanya sehingga habis tak tersisa.

3. Apabila kepulangannya dari ibabah haji tidak lagi melakukan maksiat-maksiat yang pernah dilakukan sebelum berhaji.

4. Apabila kepulangannya dari ibadah haji, dia tidak mengharapkan panggilan-panggilan (pak haji/ bu haji) karena ibadah ini antara tuhan dan hambanya ( Hanya allah yang memberikan Tittle terbaik kepada para hamba-Nya).

5. Apabila kepulangan dari ibadah haji tidak lagi melakukan dan berbuat maksiat seta berkata-kata kotor dan hal-hal yang tidak bermanfaat yang mana pernah dia lakukan sebelum berhaji.

6. Apabila kepulangannya dari ibadah haji di sering beribadah ke masjid serta melaksanakan sholat 5 waktu dan sunnahnya , yang mana dia jarang , bahkan tidak melakukan sebelum berangkat ibadah haji.

PAKET OLEH OLEH HAJI DAN UMRAH

Pergi ke mekkah tanpa membawa oleh oleh haji dan umroh rasanya sangat tidak afdhol, lalu bingkisan apa saja yang baik dan diminati untuk dibawa pulang ke rumah untuk dibagikan ke keluarga, tetangga , teman dan kerabat. Anda pastinya menginginkan oleh oleh khas arab dan tersedia juga di Indonesia karena tidak mungkin membawa semua oleh oleh haji tersebut dalam sebuah koper besar yang dibatasi muatannya hanya 20 kg oleh maskapai penerbangan. Untuk solusinya kami hadirkan cara mudah mendapatkan paket oleh oleh haji murah dan tersedia di Indonesia dengan lengkap dan murah http://bit.ly/2rYibtB .

Ini bukan hanya untuk daerah Jakarta tapi juga untuk daerah diluar Jakarta. Anda akan mendapatkan banyak oleh oleh haji Surabaya, oleh oleh haji tanah abang online , oleh oleh haji bandung, oleh oleh haji jogja. Berikut Daftar Oleh Oleh Haji yang anda bisa beli di tempat pusat belanja umroh di Thamrin City.

KURMA

Sesuatu yang sangat aneh jika anda tidak membawa oleh oleh khas arab , karena ikon negara arab adalah kurma. Hanya saja, jika kita tidak berhati-hati maka kurma yang kita beli di daerah arab sana tidak memuaskan selera atau kantong kita karena harga yang ditawarkan disana belum tentu lebih murah dibandingkan kalo kita beli di Indonesia. Iya, memang saat ini sudah banyak sekali toko yang menjual kurma dengan berbagai harga. Mulai dari kurma ajwa yang harganya mahal sekali hingga kurma dengan harga murah, bahkan kurma muda yang banyak dicari oleh pasangan. Tentu ini sangat cocok buat anda yang tidak ingin repot membawa ribuan kilometer dari arab sana hanya untuk membawa membawa beberapa puluh kilogram kurma. Anda bisa membeli dengan harga murah di pusat belanja umroh Thamrin City Kurma diketahui merupakan buah yang sangat kaya akan nutrisi, sehingga tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai ‘super fruit’ atau buah super. Kandungan nutrisinya yang kaya ini membuat buah yang memiliki nama latin phoenix dactylifera ini sangat baik dikonsumsi oleh siapapun yang ingin menjaga kesehatan. Selain itu, kurma juga mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum adalah membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta berperan dalam tekanan darah. Untuk ibu hamil, kurma sangat baik dikonsumsi karena selain bermanfaat bagi sang ibu, kurma juga memberikan manfaat untuk janin. Selain itu, kurma diketahui mengandung semacam hormon yang disebut potuchsin. Potuchsin diketahui dapat menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dengan begitu dapat mencegah terjadinya pendarahan rahim.

https://planethajiumrah.com/kabar/detail/420/Hamil-Sehat-untuk-Ibu-dan-Janin-dengan-Rajin-Konsumsi-Kurma “Barangsiapa mengkunsumsi 7 butir kurma ajwa’ pada hari itu maka hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Bukhari dan Muslim). Oleh Oleh Haji Kurma Ajwa atau KURMA NABI Kurma yang sini ini sangat penting untuk dijadikan buat tangan yakni oleh oleh haji kurma ajwa.. Jenis kurma memang sangat beragam, namun reputasi ajwa’ atau sering disebut dengan kurma Nabi, seakan tak tertandingi. Ada sejarah dibalik sebutan kurma Nabi untuk kurma ajwa. Nama Ajwa merupakan nama dari salah satu putra Sahabat Nabi, Salman Al Farisi RA. Ajwa’ yang mewakafkan kebun kurmanya pada Nabi. Saat itu, untuk mengenang jasa sahabatnya, Nabi memutuskan untuk memakai nama Ajwa tersebut pada kurma-kurma yang beliau tanam di sekitar masjid Quba’.

Menurut riwayat, Nabi SAW mendapatkan kurma ajwa ini langsung dari Malaikat Jibril, saat melihat Nabi berbuka puasa tanpa makanan yang berarti. Malaikat Jibril meminta langsung pada Allah untuk diberikan makanan yang istimewa kepada nabi. Atas permintaan Malaikat Jibril inilah, Nabi diberikan Allah kurma yang berbeda dari kurma lainnya. Sampai saat ini, pohon kurma Nabi (kurma Ajwa) yang ada di sekitar masjid Quba tersebut hanya berjumlah sekitar 100 pohon saja. Kurma Ajwa pun hanya tumbuh subur di sekitar masjid Quba, tempat Nabi menanamnya, sehingga sampai saat ini jumlahnya hanya terbatas. Tak heran, jika harga kurma Ajwa sangat tinggi dibanding kurma lainnya. https://planethajiumrah.com/kabar/detail/473/Asal-Mula-Kurma-Ajwa-Menjadi-Kurma-Nabi-yang-Penuh-Keistimewaan

MINYAK ZAITUN

Berkunjung ke Mekkah tanpa membawa oleh oleh haji berupa minyak zaitun rasanya sangat tidak afdhol. Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Manfaat minyak zaitun sejak dahulu telah dahulu sangat berguna memelihara kecantikan. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut. Jenis Minyak Zaitun Yang Perlu Anda Ketahui

1. Virgin Olive Oil – Salah satu produk minyak zaitun yang paling populer, minyak zaitun untuk minyak goreng yang terkenal dengan kandungan asam yang rendah. Hal ini paling cocok untuk orang yang ingin menikmati manfaat minyak zaitun tanpa mengkhawatirkan kesehatan karena zat asam.

2. Extra Virgin Olive Oil – Dibuat dengan pendinginan buah zaitun, minyak ini dianggap menjadi yang terbaik untuk tubuh kita. Tapi pikiran Anda, tidak semua orang mampu untuk menggunakan minyak extra virgin karena biaya tinggi.

3. Pure Olive Oil – Minyak ini sebenarnya merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original. Memiliki kandungan asam yang tinggi, dan karenanya tidak cocok untuk digunakan.

4. Lampante Oil – Tipe yang hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok untuk memasak. “Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah pohon yang diberkahi”, (H. R. Tirmidzi dan Ibnu Majah) Dalam hadits lainnya, “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya, karena sesungguhnya ia adalah pohon yang diberkahi”, (H. R. Baihaqi dan Ibnu Majah) https://planethajiumrah.com/kabar/detail/463/Manfaat-Minyak-Zaitun-dalam-Islam

AIR ZAMZAM

Air zamzam adalah mukjizat yang diberikan Allah swt kepada Nabi Ismail, Allah swt ingin menunjukkan kuasaNya, setelah perintahNYa ditaati oleh Nabi Ibrahim untuk meninggalkan istri dan anaknya, Nabi Ismail kecil dan Siti Hajjar. Siti hajjar menerima perintah Allah dengan ikhlas, ketika anaknya kehausan ia berlari-lari dari bukit Safa ke bukit Marwah hingga akhirnya kaki Ismail menghentak-hentak ke tanah dan muncullah air zamzam dari situ. Ternyata, tak perlu lagi menunggu oleh-oleh Haji dan Umra untuk bisa meminum air zamzam. Kini, air zamzam bisa dengan mudah kita dapatkan di Planet Haji Umrah Thamrin City 3A.

pusat oleh-oleh Haji dan Umrah ini menyediakan aneka macam kebutuhan Haji dan Umrah termasuk oleh-oleh seperti air zamzam. Disini pun, tak dibatasi dan tak terbatas jumlah yang kita inginkan.

Tak perlu khawatir kelebihan muatan atau tumpah di jalan, karena Planet Haji Umrah Thamin City 3A ada di Jakarta. https://planethajiumrah.com/kabar/detail/239/Mendapatkan-Air-Zam-Zam-dengan-Mudah-di-Planet-Haji-Umrah-Thamrin-City-3A Dari Ibnu Abbas RA, bahwasannya Nabi Muhammad SAW, bersabda tentang air zam zam yang artinya sebagai berikut “ Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit”.

Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar, dan banyak sekali keistimewaannya, bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai konsekwensi atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS, guna mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia ke Baitullah. Kesitimewaan :

1. Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.

2. Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.

3. Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencucu najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.

4. Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah “penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.

5. Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.

6. Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalaNya dengan air zam zam.

7. Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.

Keutamaan :

1. Air Surga (maa’ul-Jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.

2. Nikmat Allah, salah satunya nikmat Allah bagi para Jamaah haji yang langsung dapat merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.

3. Pencuci Kalbu, Air Pencuci Kalbu Nabi Muhammad SAW, ketika Malaikat Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zam zam.

4. Penuh Berkah, Karena Rasulullah SAW sering meminumnya dan tangannya yang penuh berkah dicelupkannya ke sumur zam zam.

5. Mengenyangkan, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga.

6. Obat penyakit, Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiea, batin atau jasmani dan Rasulullah menyebutnya “ mengobati penyakit” dan banyak kisah dan riwayat, sebagai bukti kebenaran hadist diatas.

7. Abadi, Tidak akan kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.

HAJAR JAHANNAM

Selain makanan, tentu kita ingin membahagiakan orang lain terutama pasangan suami istri yang bermasalah dalam hubungan suami istri. Belum banyak orang yang mengetahui apa itu “Hajar Jahanam”, bahkan mendengarnya saja masih jarang. Padahal, produk ini termasuk yang menjadi incaran kaum pria, lho! Ya, “Hajar Jahanam” merupakan ramuan tradisional yang berasal dari Mesir berbentuk minyak yang berkhasiat untuk menunda ejakulasi dini.

Konon, efeknya dapat membuat hubungan suami istri berlangsung hingga puluhan menit! Ramuan tradisional ini berasal dari getah pohon yang hanya tumbuh di Mesir dan India. Karena sifatnya untuk pemakaian luar dan tidak dikonsumsi, “Hajar Jahanam” relatif aman digunakan. Lantas, mengapa dinamai “Hajar Jahanam”? Agaknya nama ini berasal dari efek yang ditimbulkan oleh "Hajar Jahanam" saat digunakan.

Beberapa saat setelah memakainya, maka rasa panas akan menjalar ke seluruh tubuh. Mungkin karena efek rasa panas ini begitu membara bak di neraka, maka lahirlah sebutan “Hajar Jahanam” ini. Produk ini pertama kali dikenalkan di Indonesia oleh jamaah Haji, dengan peredaran yang masih sangat terbatas. Bahkan konon dahulu produk ini ditawarkan secara diam-diam. Karena khasiatnya yang “joss” itu, ramuan tradisional ini juga sering dijadikan sebagai hadiah.

Oleh oleh haji murah, Paket oleh oleh haji Surabaya, oleh oleh bandung, oleh oleh tanah abang online, oleh oleh haji jogja, oleh oleh haji , oleh oleh haji dan umroh, harga oleh oleh haji, Tapi itu dulu. Saat ini, tak perlu menunggu oleh-oleh Haji untuk bisa mendapatkan “Hajar Jahanam”. Banyak toko oleh-oleh Haji di Indonesia yang menyediakan ramuan tradisional Mesir ini. Salah satunya adalah toko “Tsabit” di Planet Haji Umrah Thamrin City lantai 3A. Menurut Hamzah, pemilik "Tsabit", tingginya minat terhadap “Hajar Jahanam” juga beresiko terhadap adanya pemalsuan. https://planethajiumrah.com/kabar/detail/319/Hajar-Jahanam-Mesir-Perekat-Hubungan-Suami-Istri

KISMIS

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Pada abad ke-11 Masehi tentara salib memperkenalkan kismis di Eropa setelah kembali dari Mediterania. Kismis dapat dipergunakan sebagai oleh oleh haji dikarenakan manfaatnya yang banyak . Berikut daftar manfaat dari kismis : Menyehatkan gigi Kismis mampu merawat gigi sebab mengandung asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukkan. Asam ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Menyembuhkan sembelit Kismis kaya akan serat oleh sebab itu mampu menyembuhkan sembelit. Mengobati anemia Jika Anda menderita anemia, maka perbanyaklah mengonsumsi kismis.

Sebab kismis mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lain yang mampu meningkatkan jumlah darah. Mencegah kanker Zat antioksidan yaitu polifenol catechin yang ada di dalam kismis mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker. Merawat mata Fitonutrien yang merupakan salah satu zat antioksidan di dalam kismis mampu mencegah kerusakan mata karena radikal bebas. Menguatkan tulang Kismis kaya akan zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini sanggup meningkatkan kesehatan tulang Anda. Meningkatkan libido Kismis juga bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda. Sebab kandungan asam amino arginin yang ada di dalam kismis mampu meningkatkan libido Anda.

Membersihkan pencernaan Kismis kaya akan serat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan racun di dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kismis sarat akan glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mengurangi asam lambung Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang dapat menyebabkan maag.

TASBIH

Orang arab menyebut biji tasbih dengan bermacam-macam nama, diantaranya adalah subhah, misbahah, tasaabih, nizaam. Sementara orang-orang sufi menyebutnya dengan al mudzakkirah billah (pengingat kepada Allah), raabitatul qulub (pengikat hati), hablul washl atau sauth asy syaithan atau cambuk setan. Untuk mengucapkan bacaan tasbih secara berulang-ulang ini diciptakanlah alat yang disebut misbaha dan di Indonesia sendiri disebut juga dengan nama biji tasbih terkadang disingkat menjadi tasbih (tasbeh) saja. Biasanya biji tasbih dibuat dari kayu, namun ada pula biji tasbih yang dibuah dari bji-biji zaitun.

Umumnya seutas biji tasbih terdiri dari 99 batu. Angka 99 ini melambangkan 99 Asma Allah. Namun ada pula biji tasbih yang terdiri dari 33 atau 11 batu-batuan. Pada kedua kasus terakhir ini, sang pengguna harus mengulangi lingkaran tiga atau sembilan kali. Meskipun begitu, ada pula biji tasbih yang terdiri dari 100 atau 1.000 batu. Membawa tasbih sebagai oleh oleh haji tentu diperlukan karena tak lengkap rasanya bila seseorang telah kembali dari haji tanpa membawa oleh oleh satu ini , selain kecil harga yang murah bisa dijadikan pilihan untuk dibagikan ke tetangga sebagai paket oleh oleh haji.

Paket oleh oleh haji Surabaya, oleh oleh bandung, oleh oleh tanah abang online, oleh oleh haji jogja, oleh oleh haji , oleh oleh haji dan umroh, harga oleh oleh haji,

KACANG ARAB

Kacang arab adalah tumbuhan yang termasuk suku Fabaceae yang menghasilkan polong berukuran kecil berwarna kekuningan. Kacang arab kaya protein dan merupakan salah satu dari tanaman budidaya yang paling kuno Mungkin anda berfikir bahwa semua jenis kacang mengandung kolesterol jahat.

1. Faktanya, kacang arab memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau biasa disebut LDL. Jika kadar kolesterol dalam tubuh mengalami kenaikan, dapat memicu serangan jantung dan stroke. Jadi, kacang arab termasuk makanan sehat yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

2. Selain itu, kacang ini juga kaya akan magnesium dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Menjaga kadar gula darah Serat larut yang ada di dalamnya mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang arab memiliki indeks glikemik rendah, karbohidrat yang dikandungnya sangat mudah dicerna oleh tubuh. Bagi penderita diabetes, makanan ini aman untuk dikonsumsi.

4. Baik Untuk masa kehamilan dan anak di usia pertumbuhan Hal ini disebabkan zat besi yang terkandung di dalamnya merupakan suplemen alami yang sangat diperlukan di masa kehamilan, menstruasi, ataupun menyusui. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh anak di masa pertumbuhan. Zat penting ini juga berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang menjadi syarat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

5. Mencegah kanker dan osteoporosis Kacang arab mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, sehingga memperkecil risiko tulang keropos, kanker payudara, dan menopause dini.

6. Sumber protein nabati dan Bebas kalori Kesulitan memperoleh asupan protein biasanya dialami oleh vegetarian dan vegan. Solusi bagi mereka adalah konsumsi kacang arab, karena mengandung protein yang baik tanpa ketakutan penambahan kalori dan lemak tak jenuh. Makanan ini dapat menjadi alternatif selain gandum.

7. Menjaga Energi tubuh Kacang arab mengandung mangan, mineral yang mampu meningkatkan energi dan imunitas tubuh anda. Fakta yang menarik adalah dengan konsumsi secangkir kacang arab sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, akan membuat anda energik selama seminggu. Konsumsi kacang arab dengan cara menggorengnya, dapat merusak nutrisi yang dikandungnya. Jika anda ingin memakannya sebagai cemilan, cara yang baik adalah dengan merebusnya ke dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam. (Paket oleh oleh haji Surabaya, oleh oleh bandung, oleh oleh tanah abang online, oleh oleh haji jogja, oleh oleh haji , oleh oleh haji dan umroh, harga oleh oleh haji,)

 

Penulis: Indra