Banyak Pilihan Golden Kismis di Planet Haji Umrah Thamrin City 3A

Golden kismis atau kismis kuning keemasan merupakan salah satu oleh-oleh haji yang banyak dipesan para jamaah haji Indonesia. Biasanya di dalam satu paket oleh-oleh haji selalu ada kismis. Kismis juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. 

Bahan utama kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Rasa manis kismis berasal dari proses pengeringan ini. Terkadang kita merasakan butiran-butiran seperti gula dengan rasa manis saat memakan kismis. Itulah rasa manis yang dihasilkan dari proses pengeringan anggur tadi. 
Kismis juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebuah penelitian bahkan membuktikan kismis mampu mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak pada seorang olahragawan. Kismis dijadikan sebagai oleh-oleh haji karena identik dengan jazirah Arab, meski banyak kismis yang berasal bukan dari Arab. 
"Kismis ada banyak jenisnya. Ada kismis jumbo berwarna kehijauan, rasanya asam tapi manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan. Disebut juga sebagai obat oleh masyarakat karena memang seringkali dikonsumsi oleh penderita diabetes, kolesterol tinggi dan lain-lain. Ada kismis hitam biasanya untuk kue dan campuran makanan, kismis golden dengan ukuran sedang dan kecil berwarna kuning keemasan dan rasanya lebih cenderung manis", papar Kiwong, salah satu karyawan toko Sahabat yang ada di PHU. 
Sama seperti toko oleh-oleh lainnya, toko Sahabat menyediakan berbagai pilihan kismis. Harapannya, dengan banyaknya pilihan, pelanggan lebih merasa puas dan terfasilitasi. 
"Kebutuhan kan macam-macam, kadang yang datang tukang kue cari kismis hitam untuk campuran makanan. Kadang yang datang ibu hamil cari kismis untuk camilan. Jadi beda-beda kebutuhan, belum lagi soal selera", tanbah Kiwong sambil tertawa. 
Kismis yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh haji adalah kismis berukuran sedang dengan rasa cenderung manis. Tidak menutup kemungkinan juga yang dipilih adalah kismis jumbo atau kismis obat. Semua toko oleh-oleh haji di PHU menjual aneka macam kismis ini, seperti toko Sahabat di Blok A11 No. 8 ini. 

Penulis: Puput