Bersihkan Gigi Dengan Siwak Mengikuti Sunnah, Mendulang Manfaat

Pernah dengar 'siwak'?

Kata 'siwak' atau kerap dibaca 'miswak' lumayan akrab di telinga masyarakat Muslim Indonesia.  Namun, melihat bentuknya secara langsung, boleh jadi banyak yang belum pernah. Sebetulnya, siwak merupakan kayu yang digunakan untuk membersihkan gigi pada masa Rasulullah SAW. Sejarah mencatat bahwa Nabi SAW amat rajin membersihkan giginya sebelum berwudhu dengan kayu siwak ini, sampai - sampai Imam At Turmudzi meriwayatkan bahwa Beliau SAW bersabda "seandainya tidak menyulitkan ummatku, niscaya aku wajibkan mereka bersiwak sebelum shalat".

Kayu siwak bernama latin "Salvadora Persica", berukuran kecil untuk menyesuaikan kebutuhan menyikat gigi. Manfaat yang terkandung dalam kayu siwak ini lumayan banyak. Penggunaan miswak secara ilmiah bahkan sudah menjadi resep bagi mereka yang memiliki masalah gigi yang parah. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu manfaat  ilmiah dari miswak,  dan hasilnya, siwak diketahui berfungsi sebagai sikat gigi anti-mikroba yang bagus menghilangkan plak, nyeri gusi, kerusakan gigi dan mempertahankan kesegaran aroma mulut. 
Tak heran maka siwak sangat identik dengan kehidupan Rasulullah SAW dan tanah suci. Siwak pun menjadi salah satu favorit buah tangan saat kembali ke tanah air dari beribadah haji dan umrah. Saat ini tak sulit untuk mencari siwak di Indonesia, dan salah satunya, bisa kita dapatkandi "Planet Haji Umrah" (PHU) Thamrin City lantai 3A.
 
"Siwak ini 'kan salah satu barang unik yang sangat khas dengan Tanah Suci. Jadi banyak yang mencari untuk dijadikan oleh-oleh haji dan umrah. Makanya kami toko oleh-oleh haji dan umrah juga sediakan siwak", papar Muasri, karyawan toko "Aurel" di PHU.
 
Menurut Muasri, ada beberapa ukuran kayu siwak untuk menyikat gigi, dari ukuran diameter besar hingga diameter kecil. Bahkan kini, siwak yang banyak dijual di Indonesia umumnya merupakan siwak yang sudah siap pakai dan dikemas dengan kemasan vacum. 
"Siwak itu sunah Nabi dan memiliki banyak manfaat.  Selain itu 'kan memang ciri khas Tanah Suci. Jadi, semakin cocok untuk oleh-oleh", tambah Muasri di sela-sela kesibukannya melayani pembeli. 
Banyak orang yang berpendapat, siwak merupakan sunah Nabi dan tetap berbeda dengan sikat dan pasta gigi biasa. Yuk, buktikan dengan membeli siwak langsung di "Planet Haji Umrah" Thamrin City lantai 3A. Salah satunya, datangi saja toko "Aurel" yang terletak di Blok B6 No. 8 - 9.
Ditunggu! 

Penulis: Puput dan Teguh IP