Ada Apa Di 10 Muharram?

Saat tiba bulan Muharram, maka salah satu amalan sunnah yang disukai kaum Muslimin adalah berpuasa pada tanggal 10 Muharram. Tentang sebab mengapa tanggal 10 Muharram yang dipilih oleh Nabi SAW, berbagai riwayat yang dijadikan sandaran para ulama menjelaskan, bahwa pada tanggal 10 Muharram hari, itulah Allah Ta’ala menyelamatkan Nabi Musa álaihis salam dan umatnya, serta menenggelamkan Fir’aun dan bala tentaranya, maka Nabi Musa ‘alaihis salam pun berpuasa pada hari itu sebagai rasa syukur kepada-Nya,

Nah, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar orang-orang Yahudi berpuasa pada hari itu karena rasa bersyukur dan bersuka cita atas selamatnya Musa AS dari kejaran Fir’aun, maka Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Kita lebih berhak (untuk mengikuti) Nabi Musa ‘alaihis salam daripada mereka“[HSR al-Bukhari (no.3216) dan Muslim (no.1130)
 

Lantas, agar tak nampak serupa dengan perbuatan orang-orang Yahudi, Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram.

Lalu, bagaimana dengan berpuasa pada sehari setelah 10 Muharram? Hal itu mencuat karena adanya hadits berikut ini:

Berpuasalah pada hari ‘Aasyuura’ dan selisihilah orang-orang Yahudi, berpuasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.

Maka disebutkan oleh sejumlah ahli hadist bahwa hadits ini lemahsanad(mata rantai periwayatan) nya, sehingga tidak dapat bisa dijadikan sebagai sandaran dianjurkannya berpuasa pada tanggal 11 Muharram.

 

Soal berbuka puasa, nah, jangan lupa untuk mampir di “Planet Haji Umrah”, (PHU) Thamrin City lantai 3A ya? Disana tersedia berbagai macam keperluan dan oleh-oleh haji umrah, yang ada sepanjang musim. Bukankah berbuka puasa afdhalnya dengan kurma? Di PHU, segala macam kurma tersedia. Air zam zam? Jangan ditanya! Jadi, mari genapi kebahagiaan puasa Muharram Anda dengan berbelanja di “Planet Haji Umrah” Thamrin City lantai 3A.

Penulis: TIP