foto: Aisyah dan Konsumennya Dari UK

Saat Staf Kedubes Inggris 'Kesengsem' Tenun Jepara

Ingin mencari sesuatu yang berbeda, nampak berkelas namun dengan harga yang terjangkau? Langkahkan saja kaki Anda ke “Planet Haji Umrah” Thamrin City lantai 3A blok D37, dan carilah outlet “Permata Almunawwaroh” yang letaknya agak di pojok. Bagi seorang pecinta busana berkelas, dijamin Anda akan terpesona dengan deretan busana berbahan dasar kain etnik mau pun batik. Aneka koleksinya begitu menawan, yang sungguh cocok jika dipadu padankan membentuk model yang Anda inginkan, dari buisana santai hingga busana hijab yang elegan bagi Muslimah. Soal nama, boleh jadi juga Anda akan salah kira pada awalnya. Karya eksotik ini merupakan tenun Jepara.

Tenun Jepara? Ya, mungkin Anda akan heran mendengar nama tenun  dari Jepara, yang boleh jadi lebih identik dengan ukirannya yang sudah tersohor itu. Tapi, memang begitulah kenyataannya. Kain-kain tenun cantik bertema etnik ini bukan berasal dari kawasan Indonesia Timur, tetapi merupakan asli produk Jepara. Sepintas, coraknya memang mirip, tetapi jika diperhatikan lebih teliti, bahan tenun Jepara, utamanya yang berwarna polos, tampil lebih terang.

Hal ini diakui oleh pemilik ““Permata Almunawwaroh”, Aisyah Milan Azzahra. Wanita yang hobi membuat kerajinan jahitan itu mengakui bahwa kain tenun koleksinya ini tidak sepenuhnya murni berbahan katun, namun sudah bercampur dengan poliyester, utamanya kain dengan warna-warni polos. Inilah yang membuat warna warni polos tenun Jepara, tampil lebih mengkilap.

Jadi,  efek mengkilap itu bukan berasal dari bahan sutra. Bukan tanpa sebab. Selain harganya akan menjadi lebih mahal, konsumen Asiyah yang tak sedikit WN asing itu, tetap saja lebih menyukai bahan katun. "Bule malah lebih suka yang katun ketimbang sutra" ujar Ibu dari 3 anak ini dengan senyum ramah.

Hal itu terbukti dari pengalaman menarik Aisyah dengan pelanggannya, seorang warga negara Inggris staf Kedutaan Besar Inggris di Jakarta. Staf kedutaan yang hobi makan jambu air itu begitukesengsemdengan karya-karya Aisyah. Jadi, ketika masa tugasnya di Indonesia habis dan akan kembali ke negeri Ratu Elizabeth itu,  staf tadi datang dan memborong aneka kain tenun Jepara koleksi “Permata Almunawwaroh".

Nah, bagaimanan dengan Anda? Tertarik dengan keeksotikan tenun Jepara koleksi "Permata Almunawwaroh"? Datang ke "Planet Haji Umrah" Thamrin City lantai 3A blok D37. Hati-hati, jangan-jangan nanti Anda akan 'kalap' memborong koleksi tenun Jepara disana, seperti halnya staf Kedubes Inggris itu.

 

 

 

 

Penulis: TIP