foto: Relawan Gemas

Mewaqafkan Diri Untuk “Gerakan Bersih Masjid” (Gemas)

 

Bulan September lalu berlangsung hal yang  meng "GEMAS" kan di ”Planet Haji Umrah” lantai 3A. Sebelum berfikir yang bukan-bukan, GEMAS itu merupakan akronim dari “Gerakan Membersihkan Masjid”, yang kantornya bermukim di “Planet Haji Umrah” lantai 3A blok H20 no. 3.

Kegiatan ini terbilang sukses. Para Ibu dan sejumlah tenant serta petugas keamanan sampai berkerumun menyaksikan musholla di blok G lantai 3A,  ‘dikeroyok’ oleh para relawan berseragam hijau-hijau ini. Para relawan tak sungkan membersihkan tempat wudhu, melipat karpet, menyapu dan mengepel lantai musholla di blok G lantai 3A Thamrin City itu dengan penuh semangat.

Ketua  “Gemas”, Romadi, juga tak sungkan terjun langsung. Dengan tekun,  pria kelahiran tahun 1973 itu memoles lantai keramik tempat wudhu dengan pembersih produksi “Gemas”.  Jadi tak heran saat salah satu tenant menyodorkan sekantung deterjen merek terkenal, dengan senyum ditolak pleh Romadi.

Menariknya, para relawan “Gemas” berlatar lintas profesi. Rabu itu ada ibu Asti, ibu rumah tangga, yang tinggal di Kebayoran Lama. Bu Asti sendiri mengaku baru 1 bulan bergabung, karena ajakan temannya.  Selain itu ada juga Adib Bukhori, Sarjana S1 Universitas Mercubuana dan  staf GA sebuah perusahaan panel yang berlokasi di Harmoni. Lalu ada juga Johan, karyawan sebuah penerbitan di Jatiwaringin. Pendeknya, relawan “Gemas” benar-benar berlatar beragam.

Relawan Gemas memang kumpulan mereka yang sengaja ingin berkhidmad mewaqafkan tenaganya untuk kebersihan rumah Allah. Saat ini jumlah relawan “Gemas” sudah cukup lumayan dan terus bertambah. Maka acapkali Romadi memerlukan tenaga relawan di suatu masjid, ia tinggal menyebar pesan di WA grupnya, menginformasikan rencana bersih-bersih di masjid tertentu, dan para relawan akan memasukkan namanya dalam daftar yang ia susun.

Kegiatan ini, agaknya, mampu menarik minat banyak pihak. “...dari ibu rumah tangga sampe direktur perusahaan, mendaftarkan diri jadi relawan,” ungkap pria asal Ambawara ini.

Anda tertarik mewaqafkan diri Anda untuk kebersihan rumah Allah? Datangi saja kantor “Gemas” di “Planet Haji Umrah”, Thamrin City lantai 3A blok H20 no. 3. Bertambah kawan, bersimbah pahala.

Penulis: TIP